Metodologi ilmiyah

Sahabat,

Syekh Ali Jum'ah berkata: 
"Tujuan utama kita mempelajari atau mengkaji ilmu, pemikiran, dan semua yang dilahirkan oleh para ulama sebelum kita (turats), bukan hanya untuk sekedar menghafal dan mengulangnya saja, hingga perjalanan ilmu ini terhenti pada kita. Namun tujuan utama kita mengkaji turats adalah untuk mendapatkan serta menyerap metodologi, kaidah, dan alat-alat yang ada pada khazanah turats ini. Agar kita mampu melanjutkan perjalanan dan bangunan ilmu mereka".

Menurut saya  metode dan cara pikir, merupakan hal utama yang harus kita ambil dari turats ini. Kita tidak perlu terlalu fokus mendalami detail permasalahan yang mereka bahas. Namun kita harus mengerti cara mereka berpikir dan meneliti demi kebaikan zaman mereka. 

Hal ini akan mengantarkan kita kepada:
1. Sumber (dalil),
2. Tata cara penelitian, 
3. Kriteria seorang peneliti. 

Inilah yang kemudian dijadikan metodologi ilmiah modern oleh Roger Bacon. Padahal sebenarnya 3 hal ini adalah  Definisi ilmu ushul fikih menurut imam Al-Razi dan Al-Baidhawi.

Hakikatnya orang yang membuka khazanah turats  akan terpesona oleh metodologi yang sangat keren  dan mampu menjawab banyak pertanyaan  yang belum terjawab oleh metodologi modern. Dan inilah yang kita butuhkan, Sehingga kitapun dapat memberikan kontribusi terbaik pada saat ini. 

Wassalam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DENDA DALAM LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH, HARUSKAH?

Statistik

PRINSIP-PRINSIP DASAR AKUNTANSI KONVENSIONAL DAN PRINSIP-PRINSIP DASAR AKUNTANSI ISLAM DALAM RUMUSAN TEORI DAN PRAKTEK AKUNTANSI ISLAM